Stasiun Di Semarang Mulai Berlakukan Sistem Bayar Non-Tunai Untuk Parkir

Semarang – Pengguna roda empat atau lebih di Semarang, tak perlu lagi repot menyimpan karcis bila hendak memarkirkan kendaraannya di Stasiun Semarang, yakni Stasiun Poncol dan Tawang,. Mulai Senin 3 Februari 2020, Stasiun Poncol dan Tawang Semarang menerapkan system pembayaran parkir secara nontunai untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro di Semarang, Selasa, mengatakan, pelaksanaannya, pembayaran parkir akan menggunakan uang elektronik atau e-money.

“Saat masuk stasiun, calon penumpang tinggal menempelkan kartu ‘e-money’, kemudian ketika keluar ditempel lagi di alat yang sudah tersedia dan saldo biaya parkirnya akan otomatis terpotong,” katanya.

Tambahnya, selain untuk memudahkan tanda sudah bayar, juga akan meminimalisasi kesalahan yang mungkin terjadi dalam perhitungan biaya parkir. Pada tahap awal sosialisasi, akan ada petugas yang siap membantu jika masih ada calon penumpang yang kebingungan.

Area parkir Stasiun Tawang Semarang dikelola oleh PT Reska Multi Usaha yang merupakan anak usaha PT KAI. Selain Stasiun Tawang dan Poncol, sistem ini akan diterapkan pada lima stasiun, yakni Stasiun Pasarturi dan Gubeng Surabaya, dan Stasiun Kiaracondong Bandung.

Sumber: ANTARA (Immanuel Citra Senjaya/Adi Lazuardi)